Teks Pidato Proklamasi Sang Proklamator Kepada Rakyat Indonesia

Sebagian dari Sobat SMP mungkin telah mengetahui isi dari teks proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1945. Namun sebelum membacakan teks proklamasi tersebut, Sang Proklamator menyampaikan sebuah pidato yang menggugah keberanian dan nasionalisme dari seluruh rakyat Indonesia yang mendengarnya. Dalam pidato tersebut, Presiden Soekarno juga menjelaskan secara singkat proses musyawarah yang dihadiri oleh para tokoh nasional sehingga menghasilkan kesepakatan untuk menyatakan proklamasi kemerdekaan. Mari simak naskah pidato proklamasi yang disampaikan oleh Presiden Soekarno yang disambung dengan pernyataan kemerdekaan.

Pidato Proklamasi

Saudara-saudara sekalian! Saja telah minta saudara-saudara hadir disini untuk menjaksikan satu peristiwa maha penting dalam sedjarah kita. Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berdjoang untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan telah bertus-ratus tahun! Gelombangnja aksi kita untuk mentjapai kemerdekaan kita itu ada naiknja dan turunnja, tetapi djiwa kita tetap menudju kearah tjita-tjita. Djuga didalam djaman Djepang, usaha kita untuk mentjapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-henti. Didalam djaman Djepang ini, tampaknja sadja kita menjandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakekatnja, tetap kita menjusun tenaga kita sendiri, tetap kita pertjaja kepada kekuatan sendiri. Sekarang tibalah saatnja kita benar-benar mengambil nasib-bangsa dan nasib-tanah-air didalam tangan kita sendiri. Hanja bangsa jang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnja. Maka kami, tadi malam telah mengadakan musjawarat dengan pemuka-pemuka rakjat indonesia, dari seluruh Indonesia. Permusjawaratan itu seia-sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnja untuk menjatakan kemerdekaan kita. Saudara-saudara! Dengan ini kami njatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah Proklamasi kami:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan
Kemerdekaan Indonesia
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama Bangsa Indonesia
Soekarno – Hatta

Demianlah saudara-saudara!
Kita Sekarang telah merdeka!
Tidak ada satu ikatan lagi jang mengikat tanah-air kita dan bangsa kita!
Mulai saat ini kita menjusun Negara kita ! Negara Merdeka,
Negara Republik Indonesia, merdeka kekal dan abadi.
Insja Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.

Itulah teks pidato yang disampaikan oleh Presiden Soekarno dalam momentum proklamasi. Semoga dengan membaca tulisan ini bisa menambah wawasan kebangsaan Sobat SMP, ya. Salam Merdeka!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP



Admin Pusat | 2023-08-29| Dibaca : 221
KONTAK

Telepon : (021) 8873301

Email : mail.smpn19kotabekasi@gmail.com

Alamat : Perumahan Harapan Indah Jalan Flamboyan Blok HI 1, RT.003/RW.019, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat 17134

MAP Sekolah


Website ini dikelola oleh CLIMBERNET